Thursday, 10 April 2014

Tipe-Tipe Rem

Rem yang digunakan pada kendaraan bermotor dapat digolongkan menjadi beberapa tipe tergantung pada penggunaannya.

~  Rem kaki ( Foot brake ), dioperasikannya menggunakan kaki untuk mengontrol
    kecepatan dan menghentikan kendaraan.
~  Rem Parkir (Parking brake ) untuk menahan kendaraan supaya tidak mudah
    bergerak pada saat parkir.
~ Rem tambahan ( auxiliary brake ) untuk membantu rem kaki, umumnya digunakan
   pada kendaraan besar dan berat .

REM KaKi

DIKELOMPOKKAN MENJADI 2
Hydrolis ( Hydraulic brake ),
   Konstruksinya lebih sederhana tapi lebih responsive

Cara kerjanya adalah pijakan pada pedal  rem oleh pengemudi di teruskan secara mekanik ke master silinder, sehingga cairan yang berada pada master silinder tertekan dan meneruskannya ke silinder  roda untuk rem tromol ,dari silinder roda diteruskan ke kampas rem sehingga kampas rem menekan tromol dan memperlambat laju kendaraan, sedangkan untuk cakram  dari master silinder diteruskan ke caliper.
Pneumatis ( Pneumatis Brake )
   Konstruksinya rumit, karena harus menggunakan kompresor untuk menghasilkan udara bertekanan.



Rem udara adalah sistem rem yang pengoperasiannya menggunakanudara yang bertekanan dimana rem ini memanfaatkan energi udara bertekanan untuk menjalankan sistem pengereman. Prinsip rem yaitu kendaraan tidak dapat berhenti dengan segera apabilamesin dibebaskan ( tidak dihubungkan ) dengan pemindah daya, kendaraan cenderung tetap bergerak.


REM PARKIR
Mekanisme kerja (operating mechanism) pada dasarnya sama untuk tipe rem parkir roda belakang dan tipe center brake. Tuas rem parkir ditempatkan berdekatan dengan tempat duduk pengemudi. Dengan menarik tuas rem parkir, maka rem bekerja melalui parking brake cable, intermediate lever, pull rod, equalizer, parking brake cable kiri dan kanan.

Center brake 
Tipe ini banyak digunakan pada kendaraan komersil (niaga).Tipe ini salah satu dari tipe rem tromol tetapi dipasang antara bagian belakang transmisi dan bagian depan propeller shaft. Pada rem parkir tipe ini daya pengeremannya terjadi saat sepatu rem yang diam menekan agian dalam tromol yang berputar bersama out put shaft transmisi.


•Rem Roda Belakang
Bodi rem parkir dikelompokan menjadi dua tipe struktural bergantung pada pada andilnya tromol rem atau piringan rem (menjadi satu) atau komponen rem yang terpisah.
Tipe Rem Parkir Sharing
Tipe rem ini digabungkan dengan rem kaki. Hubungannya dilakukan secara mekanik dengan sepatu rem atau pad rem.
1. Kendaraan dengan Tromol Rem
Pada tipe rem parkir ini, sepatu
rem akan mengembang oleh
brake shoe lever dan shoe strut




2. Kendaraan dengan Rem Piringan

Dalam tipe rem parkir ini, mekanisme rem parkir disatukan dalam
caliper rem.Gerakan tuas menyebabkan lever shaft berputar menyebabkan spindle menggerakkan piston dan piston mendorong pad menjepit disc.


Tipe Rem Parkir Devoted

Pada tipe rem parkir ini, tromol rem terpisah dari disc brake
belakang.Cara kerjanya sama dengan tipe rem parkir seperti pada tromol rem.





REM TAMBAHAN
  • Rem tambahan ( auxiliary brake ) untuk membantu rem kaki, umumnya digunakan pada kendaraan besar dan berat

No comments:

Post a Comment