Rem
yang digunakan pada kendaraan bermotor dapat digolongkan menjadi beberapa tipe
tergantung pada penggunaannya.
~ Rem kaki ( Foot brake ), dioperasikannya
menggunakan kaki untuk mengontrol
kecepatan dan menghentikan kendaraan.
~ Rem Parkir (Parking brake ) untuk menahan
kendaraan supaya tidak mudah
bergerak pada saat parkir.
~ Rem
tambahan ( auxiliary brake ) untuk membantu rem kaki, umumnya digunakan
pada kendaraan besar dan berat
.
REM KaKi
DIKELOMPOKKAN MENJADI 2
•Hydrolis ( Hydraulic brake ),
Konstruksinya lebih sederhana tapi lebih
responsive
Cara kerjanya adalah pijakan pada pedal rem oleh pengemudi di teruskan secara mekanik ke master silinder, sehingga cairan yang berada pada master silinder tertekan dan meneruskannya ke silinder roda untuk rem tromol ,dari silinder roda diteruskan ke kampas rem sehingga kampas rem menekan tromol dan memperlambat laju kendaraan, sedangkan untuk cakram dari master silinder diteruskan ke caliper.
•Pneumatis ( Pneumatis Brake )
Konstruksinya rumit,
karena harus menggunakan kompresor untuk menghasilkan udara bertekanan.
Rem udara adalah sistem rem yang pengoperasiannya menggunakanudara yang bertekanan dimana rem ini memanfaatkan
energi udara bertekanan untuk menjalankan sistem pengereman. Prinsip rem yaitu kendaraan tidak dapat berhenti dengan segera apabilamesin dibebaskan ( tidak dihubungkan ) dengan pemindah daya,
kendaraan cenderung tetap bergerak.
REM PARKIR
Mekanisme kerja (operating mechanism) pada dasarnya sama untuk tipe rem parkir roda belakang dan tipe center brake. Tuas rem parkir ditempatkan berdekatan dengan tempat duduk pengemudi. Dengan menarik tuas rem parkir, maka rem bekerja melalui parking brake cable, intermediate lever, pull rod, equalizer, parking brake cable kiri dan kanan.
•Center brake
Tipe ini banyak digunakan pada kendaraan komersil (niaga).Tipe ini salah satu dari tipe rem tromol tetapi dipasang antara bagian belakang transmisi dan bagian depan propeller shaft. Pada rem parkir tipe ini daya pengeremannya terjadi saat sepatu rem yang diam menekan agian dalam tromol yang berputar bersama out put shaft transmisi.
•Rem Roda Belakang
Bodi rem parkir dikelompokan menjadi dua tipe struktural bergantung pada pada andilnya tromol rem atau piringan rem (menjadi satu) atau komponen rem yang terpisah.
Tipe Rem Parkir Sharing
Tipe rem ini digabungkan dengan rem kaki. Hubungannya dilakukan secara mekanik dengan sepatu rem atau pad rem.
1. Kendaraan dengan Tromol Rem
Tipe rem ini digabungkan dengan rem kaki. Hubungannya dilakukan secara mekanik dengan sepatu rem atau pad rem.
1. Kendaraan dengan Tromol Rem
Pada tipe rem parkir ini, sepatu
rem akan mengembang oleh
brake shoe lever dan shoe strut
rem akan mengembang oleh
brake shoe lever dan shoe strut
2. Kendaraan dengan Rem Piringan
Dalam tipe rem parkir ini, mekanisme rem parkir disatukan dalam
caliper rem.Gerakan tuas menyebabkan lever shaft berputar menyebabkan spindle menggerakkan piston dan piston mendorong pad menjepit disc.
caliper rem.Gerakan tuas menyebabkan lever shaft berputar menyebabkan spindle menggerakkan piston dan piston mendorong pad menjepit disc.
Tipe Rem Parkir Devoted
Pada tipe rem parkir ini, tromol rem terpisah dari disc brake
belakang.Cara kerjanya sama dengan tipe rem parkir seperti pada tromol rem.
belakang.Cara kerjanya sama dengan tipe rem parkir seperti pada tromol rem.
REM TAMBAHAN
- Rem tambahan ( auxiliary brake ) untuk membantu rem kaki, umumnya digunakan pada kendaraan besar dan berat
No comments:
Post a Comment