Master silinder adalah komponen dari sistem rem yang berfungsi meneruskan tekanan
pedal rem menjadi tekanan minyak dalam suatu silinder melalui mekanisme gerak
torak.
· #
Saat pedal rem diinjak
Piston
no. 1 bergerak ke kiri dan piston cup menutup compensating port, sehingga menyebabkan tekanan hidraulis dalam silinder bertambah dan tekanan ini
diteruskan ke wheel cylinder kembali ke reservoir.
· #
Saat pedal rem
dibebaskan
Piston
kembali ke posisi semula oleh tekanan hidraulis dan tegangan return spring, dan
minyak kembali ke reservoir.
Macam-Macam Master Silinder
Secara Garis besar terbagi menjadi 2 yaitu :
1. Master
rem mobil tipe silinder tunggal yaitu master rem mobil di mana jumlah
piston dalam silinder
remnya hanya satu.
remnya hanya satu.
2. Master
rem mobil tipe silinder ganda yaitu master rem mobil di mana jumlah piston
dalam silinder remnya
ada dua.
ada dua.
untuk kedua tipe diatas yang paling sering di gunakan adalah tipe ganda, karena mempunya kelebihan yaitu sistem hidraulisnya dipisahkan menjadi dua, masing-masing untuk roda depan dan
belakang. Dengan demikian bila salah satu sistem tidak bekerja, maka
sistem lainnya akan tetap berfungsi dengan baik.
pada gambar diatas merupakan sistem pemasangan dari master silinder ganda. pada gambar conventional piping merupakan konstruksi model pemasangan yang digunakan untuk mobil dengan pengerak belakang dengan memasang satu sistem hidrolis untuk roda depan dan yang satunya untuk roda belakang. pada model diagonal piping digunakan untuk mobil dengan pengerak depan, karena roda depan mendapat beban yang lebih maka di gunakan sistem hidrolis split silang, yang terdiri dari satu set saluran rem untuk roda kanan depan dan kiri
belakang, dan satu set saluran rem untuk roda kiri depan dan kanan
belakang, dengan demikian efisiensi pengereman tetap sama pada kedua
sisi (tetapi dengan setengah daya penekanan normal) walaupun salah satu
dari kedua sistem tersebut terjadi kerusakan.
No comments:
Post a Comment